, (Ronggo.id) – Sebanyak 13 desa dari 311 desa di Kabupaten Tuban hingga 21 Mei 2024 belum mengajukan pencairan Alokasi Dana Desa (ADD) tahap I tahun 2024.

Kepala Dinas Sosial P3A Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Tuban, Sugeng Purnomo mengatakan, 13 desa yang belum mengirimkan syarat pengajuan pencairan ADD itu tersebar di 4 Kecamatan, terdiri Kecamatan Plumpang, Bangilan, Jatirogo dan Widang.

“Dominan ada di Kecamatan Widang, yaitu ada 7 Desa, Kecamatan Plumpang 2 Desa, Kecamatan Bangilan 3 Desa dan Kecamatan Jatirogo 1 Desa,” katanya.

Kendati demikian, Sugeng enggan membeberkan secara gamblang kendala yang dihadapi, sehingga desa-desa tersebut sama sekali belum mengajukan pencairan ADD.

“Kendalanya di internal desa,” ungkap mantan Camat Kerek itu singkat.

Sedangkan untuk desa yang telah mengajukan permohonan pencairan ADD tahap I sebanyak 298 desa, 271 desa diantaranya telah menerima pencairan.

“Kemudian ada 7 desa yang masih proses koreksi dokumen di PMD, dan 21 proses pembenahan di desa atau kecamatan,” ucapnya.

Ditegaskan Sugeng, ADD dapat disalurkan setelah dilakukan pengajuan dan berkas dinyatakan lengkap. Karenanya, ia berharap agar pemerintah desa mengurus dokumen yang disyaratkan, sehingga anggaran yang diperuntukkan untuk penyelenggaraan pemerintahan desa, pembangunan infrastruktur hingga siltap perangkat desa itu bisa segera ditransfer ke rekening kas desa.

“Sepanjang persyaratannya lengkap, maka kita proses secepat mungkin. Tapi kalau tidak lengkap, ya tidak bisa. Kalau kita mencairkan, itu salah,” pungkasnya. (Ibn/Jun).

Ikuti Berita dan Artikel terbaru Ronggo.id di GOOGLE NEWS