, () – melakukan perombakan jajaran yang ada di internal , seperti halnya Wakapolres Tuban yang sebelumnya dijabat Kompol Palma Fitria Pahlevi, kini diemban oleh Kompol Herry Moriyanto Tampake, serta beberapa Kapolsek tak luput dari pergeseran. 

Upacara serah terima jabatan (Sertijab) dipimpin langsung oleh Kapolres Tuban, tersebut berlangsung khidmat di lapangan belakang Mapolres setempat diawali dengan pembacaan skep jabatan dilanjutkan penanggalan dan penyematan tanda jabatan oleh Kapolres Tuban. Kemudian pengambilan sumpah jabatan sesuai agama masing-masing pejabat dan penandatanganan berita acara serah terima jabatan, berita acara sumpah jabatan serta pakta integritas.

Dalam sambutannya, Kapolres Tuban, AKBP Suryono mengatakan bahwa kegiatan tersebut wajar terjadi pada sebuah organisasi untuk penyegaran jabatan serta regenerasi pejabat khususnya di lingkungan Polres Tuban dengan tujuan adanya keberlanjutan kepemimpinan, dalam kegiatan tersebut sebanyak 11 pejabat Polres Tuban yang mengikuti serah terima jabatan.

“Ini merupakan penyegaran sehingga ada keberlanjutan kepemimpinan serta regenerasi personel Polri,” ujar Kapolres Tuban usai upacara Sertijab di Mapolres setempat, Senin (16/10/2023). 

Mutasi jabatan tersebut tertuang dalam surat keputusan Kapolda Jawa Timur nomor : Kep/380/IX/2023 tanggal 13 September 2023 dan surat keputusan Kapolda Jawa Timur nomor : Kep/391/IX/2023 tanggal 15 September 2023 tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan .

Adapun dalam Sertijab kali, Kompol Palma Fitria Pahlevi menjabat sebagai Kaurgakkum Subbidprovos Bidpropam Polda Jatim, sementara Kompol Herry Moriyanto Tampake yang sebelumnya sebagai Kapolsek Driyorejo, Gresik yang kini mengemban amanah sebagai Wakapolres Tuban. 

Kemudian Kabagren Kompol Totok Wijanarko, yang saat ini menduduki jabatan yang sama di Polres Lamongan digantikan oleh AKP Simon Triyono yang sebelumnya menjabat Kapolsek Widang.

Lalu Kompol Budi Handoyo Kabaglog Polres Tuban memasuki masa purna Tugas digantikan oleh AKP Budi Gunawan, posisi lamanya digantikan oleh AKP Budi Friyanto, sedangkan posisi sebelumnya sebagai Kapolsek Bancar digantikan oleh AKP Darwanto.

Selanjutnya beberapa Perwira juga mendapatkan promosi jabatan, diantaranya Kaurbinopsnal Sat Binmas Polres Tuban Iptu Sumiaju diberikan kepercayaan menjabat PS. Kasat Binmas Polres Tuban menggantikan AKP Rukimin yang saat ini menjabat Kasat Lantas Polres Sampang Madura. 

Selain itu ada Iptu Sampir Santoso yang sebelumnya menjabat Kaurbinopsnal mendapat promosi jabatan sebagai PS. Kapolsek Grabagan, sementara itu Iptu Narko sebelumnya sebagai Wakapolsek Plumpang dipromosikan menjadi PS. Kapolsek Widang.

Untuk itu, AKBP Suryono berharap kepada seluruh pejabat yang baru melaksanakan serah terima agar segera menyesuaikan serta mampu beradaptasi dengan tugas dan tanggungjawabnya ditempat yang baru. Menurutnya, tidak ada alasan kesulitan untuk beradaptasi karena mayoritas pejabat yang serah terima merupakan putra asli dari Bumi Ronggolawe ini. 

“Segera menyesuaikan diri, segera kenali bidang tugasnya yang baru sehingga tidak perlu lama-lama, karena kebetulan kebanyakan asli Tuban yang sebelumnya juga menjabat di Tuban” pungkasnya. (Har/Jun). 

Ikuti Berita dan Artikel terbaru Ronggo.id di GOOGLE NEWS