TUBAN, () – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Perhubungan (DLHP) resmi meluncurkan program angkutan umum gratis bagi pelajar dan disabilitas.

Kepala Bidang Perhubungan DLHP Tuban, Imam Isdarmawan mengatakan, program ini sebagai upaya untuk memberikan kemudahan dan akses transportasi yang layak.

Program yang telah berjalan sejak 20 Oktober lalu itu melibatkan puluhan armada. Beroperasi mulai pukul 06.00 sampai dengan 08.00 Wib, sedangkan penjemputan pada jam pulang sekolah, antara pukul 12.00 hingga 15.00 Wib.

“Ada 41 unit angkutan umum yang disediakan, yang tersebar di 14 rute, baik didalam kota maupun antar kecamatan,” kata Imam Isdarmawan, Senin (31/10/2022).

Kendati demikian, ungkap Imam sapaan Akrab Kabid Perhubungan, sementara ini rute yang diambil masih sebatas di Kecamatan Bangilan, Rengel, Jatirogo, Soko, Kerek, Bancar dan Widang.

Kondisi tersebut menyesuaikan dengan anggaran yang tersedia, sehingga masih diprioritaskan daerah-daerah yang bisa terlayani.

“Setelah 10 hari beroperasi ini akan kita evaluasi. Misal rute-rute mana yang ‘gemuk’ dan rute-rute mana yang minus,” ungkapnya.

Sehingga, terang Imam, dari situ akan diketahui rute mana yang sepi dan padat penumpang, untuk diprioritaskan dan perlu ada tambahan armada.

Pelaksanaan program ini, lanjut Imam, diharapkan menjadi wadah untuk keberlangsungan angkutan umum di Kabupaten Tuban.

“Jadi, adanya program ini sangat membantu juga bagi pelaku angkutan umum dan pelajar di Kabupaten Tuban,” tutupnya. (Ibn/Jun).

Ikuti Berita dan Artikel terbaru Ronggo.id di GOOGLE NEWS